Home » , , » Latar Belakang Intelektual Lukman Abdul Qahar Sumabrata | Pencetus Kajian FSQ

Latar Belakang Intelektual Lukman Abdul Qahar Sumabrata | Pencetus Kajian FSQ

Belajar Numerik Al-Qur'an - Dalam pembahasan kali ini admin akan menulis mengenai pembahasan tentang Latar Belakang Intelektual Lukman Abdul Qahar Sumabrata yang merupakan pencetus Metode Pengkajian Al-Qur'an Dengan Format dan Struktur Al-Qur'an. Mari kita simak artikelnya dibawah ini. 

Latar Belakang Intelektual Lukman Abdul Qahar Sumabrata

Anak dari pasangan Husein Soemabrata dan Hasanah Sastra Wijaya ini memiliki nama lengkap Lukman Abdul Qahar Sumabrata. Dia dilahirkan sekitar tahun 1939 di Cianjur.Ayahnya seorang stap Pegawai Negeri Sipil di Departemen Pertahanan Pangan Nasional atau yang dikenal Departemen Agraria di daerah Ciamis, Jawa Barat. Lukman merupakan anak kedua dari tujuh orang bersaudara. Dia menghabiskan masa remajanya di Garut dan mengabdikan masa tuanya untuk mempelajari al-Qur’an dan Syi’ar Islam di Jakarta. Ia dilahirkan dari keluarga yang menanamkan kebiasaan mengaji sejak kecil. Sejak kecil, Ia diajarkan bahwa al-Qur'an adalah rahmat bagi orang yang beriman dan sumber ilmu pengetahuan.

Selama hidupnya, Lukman banyak berkecimpung dalam dunia spiritual. Bahkan dalam bukunya tersebut dikatakan bahwa ia telah melalui pergulatan intelektual dan spiritual selama 20 tahun. Dia telah menemukan makna-makna baru yang konsisten dan unik dalam susunan al-Qur’an yang berupa unsur, unsur simbolik seperti huruf, juz, surat, maupun ayat. Selama proses pencarian itu, beliau pernah melakukan pembacaan beberapa amalan-amalan tertentu. Dari sini, muncul kesadaran dan kegelisahan dalam jiwanya, salah satunya terkait cara membaca suatu ayat yang diulang-ulang. Dalam dunia tulis-menulis, karya-kary Lukman Abdul Qahar Sumabrata terhitung tidak banyak. Di antara karya-karyanya adalah buku Pengantar Fenomenologi al-Qur’an Dimensi Keilmuan di Balik Mushaf Usmani; Menelusuri Jejak Kaki Ibrahim.

Sumber : Nunung Lasmana dan Ahmad Suhendra, Tafsir Fenomenologi Simboli al-Qurʼan

Terima kasih sudah berkunjung di blog kami, jangan lupa baca artikel lainnya di fsqdaqaseroja, yang pasti materi tentang numerik al-Qur'an sudah tersaji. Ikuti kami untuk mengikuti tentang kajian al-Qur'an yang mengkaji melalui format dan strukturnya. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts