Home » » Tipe Karakter Diri JUZ 1 (Melayani dan Dilayani)

Tipe Karakter Diri JUZ 1 (Melayani dan Dilayani)

Lanjutan dari Postingan Sebelumnya yaitu tentang pembahasan atau penjabaran Karakter Diri Dibalik Juz Al-Qur'an. Sekarang masuk dalam pembahasan pertama yakni Karakter Diri Dalam Juz 1. Mari kita simak bersama sama.


Angka 1 berhuruf Alif. Ciri utama Alif adalah bila di depan tidak mau “menggandeng” huruf di belakangnya, tidak dapat menempati posisi tengah, bila di belakang maunya di gandeng ( sebagai guruf Mad ). maksudnya hanya dapat menempati awal dan  akhir rangkaian huruf..

Karakter seorang Juz 1, apabila seseorang Juz 1 berada di depan, misalnya menjadi seorang pemimpin ia cenderung bersikap egois, dan sangat otoriter, ia sangat mandiri dan berkesan tak butuh bantuan orang lain. Segala Keinginannya harus terpenuhi. Sebab ia merasa yang paling benar oleh karenanya harus di ikuti. Tetapi bila ia berada di belakang, ia sama sekali tidak memiliki pilihan, dia dapat dengan mudah menurut dan ikut pada siapa pun.

Juz 1 memiliki keunikan sendiri. Hal ini nampak pada ornamen halaman 2 dan 3 yang di bedakan dengan halaman lain Al Qur’an. Artinya seorang Juz 1 juga cenderung menuntut keistimewaan tertentu, baik dalam lingkungan keluarga, pekerjaan atau bermasyarakat.

Jumlah  halaman Juz 1, lebih sedikit di banding dengan Juz lainnya ( 16 Halaman ). Sementara Juz 1 hanya 15 halaman. ia selalu merasa ada saja sesuatu yang kurang dalam dirinya, bahkan selalu tidak puas. Hal ini membuat ia kehilangan ” sesuatu ” dalam dirinya..

Juz 1 memiliki surat Al-Baqarah ( Sapi Betina ). Hal ini bisa berbanding terbalik dengan sifat berdasarkan huruf Alif yang cenderung tak butuh bantuan orang lain ( bila posisi hurufnya di depan huruf lain ). Jika sifat surat Al Baqarah dominan, orang Juz 1 memiliki rasa ketergantungan pada orang lain. Atau dengan Kata Lain, merupakan gambaran dari posisi huruf Alif yang terletak di belakang huruf tertentu.

Dalam kondisi tertentu, misalnya ketika dia sudah tidak tahu harus berbuat apa, terkadang terkesan pasrah jika orang lain ” memeras” jerih payahnya. Seolah-olah dia tidak memiliki pilihan dan tidak berkuasa untuk menolak jika seseorang berbuat demikian pada dirinya.

Pengaruh surat Al Baqarah ini membuat dirinya menjadi ” pelayan ” yang baik bagi orang lain, terutama keluarganya. Memberikan susu bagi anak-anaknya sekaligus pemelihara. Faktor surah ini pula membuat seorang juz 1 merupakan pekerja keras.

Al Quran Mushaf Utsmani format 18 baris memiliki karakteristik yang khusus. Dimana jumlah halaman dari Juz 2 sampai Juz 29 adalah sama, yaitu 16 halaman. Namun ada dua Juz yang jumlah halamannya berbeda, yakni Juz 1 dan Juz 30.

Juz 1 jumlah halamannya 15 sedangkan Juz 30 memiliki 21 halaman. Perbedaan jumlah halaman ini juga bisa menggambarkan karakter dari Juz yang bersangkutan. Karena halamannya kurang, membuat orang dengan Juz 1 selalu saja merasa ada sesuatu yang kurang pada dirinya atau bisa menjadi orang yang kurang percaya diri.

Di sisi lain, ia bisa menjadi seseorang yang tidak akan pernah puas dengan apa yang sudah di capai. Bersambung materi selanjutnya baca Karakter Diri JUZ 2 (Jaga Penampilan dan Temperamental).

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts