Home » » Ciri-Ciri Karakter Diri Di Balik Juz Al Qur'an

Ciri-Ciri Karakter Diri Di Balik Juz Al Qur'an

Al-Qur'an adalah kallamulloh , yakni pedoman hidup manusia di alam semesta ini. Kitab yang akan terjaga sampai hari kiamat, kitab petunjuk manusia. Kali ini akan membahas tentang Ciri-Ciri Karakter Diri Di Balik Juz Al Qur'an. Langsung kita simak bersama sama.


http://fsqdaqaseroja.blogspot.com/

” Manusia makhluk misteri ” ungkapan ini menggambarkan bahwa manusia adalah makhluk dengan segala kompleksitas diri dan problematika hidupnya. Mempelajari manusia memang tidak akan ada habisnya, ketika kita menemukan jawaban tentang hakikat manusia akan muncul pertanyaan lainnya. Begitu seterusnya hal itu sekaligus menegaskan betapa susahnya manusia mengetahui hakikat dirinya.

Sebagai makhluk yang sempurna dengan ” KASTA ” tertinggi yang di sandangnya, semakin menambah pelik dan tingkat kesulitan yang luar biasa dalam mempelajari ” siapa manusia?” sebagai makhluk yang di angkat sebagai Khalifah di muka Bumi.

Upaya manusia dalam usahanya mengenal dan mencari jati dirinya sudah dimulai sejak zaman Yunani kuno. Bahkan, ada sebuah gambaran ketika manusia akan memasuki gerbang Dewa Apollo, kita akan menjumpai sebuah gerbang yang tulisan pada gerbang itu memiliki arti ” Kenalilah Dirimu “. Juga ada ungkapan lain yang mengatakan. ” Siapa yang mengenal diri, maka akan mengenal Tuhan”.

Berbagai upaya di lakukan manusia untuk mengenal siapa dirinya yang sebenarnya, khususnya di Indonesia, sudah banyak metode yang di ciptakan untuk membuat seseorang ” lebih” mengenal jati dirinya. Namun semua itu menjadikan pertanyaan pada diri kita, apakah sebuah pencarian hakikat diri ataukah menuruti rasa penasaran yang ada pada diri setiap manusia? Apakah yang kita cari hanya mengikuti trend yang lagi marak tentang management diri, motivasi diri dan berbagai istilah yang lain?… Semua jawaban tentunya akan berpulang pada diri kita masing-masing.

Diantara sekian banyak manfa’at yang dapat kita rasakan dari Kajian Format dan Struktur Al Qur’an adalah untuk mengenal siapa diri kita dan orang lain dengan memakai pendekatan variabel yang ada dalam Al Qur’an. Memang metode ini tergolong baru yang belum banyak di kenal sekalipun oleh umat Islam sendiri.

Kami bisa mengerti karena begitu banyaknya metode untuk membantu manusia ” lebih ” mengenal dirinya sendiri, mulai dari horoskop, Feng shui, primbon, dan lain-lain. Bahkan di antara umat Islam telah dan lebih akrab dengan metode metode tersebut yang jelas-jelas tidak Qur’ani dan Islami.

Banyak cara atau metode dalam mengetahui manusia berdasarkan sifat bawaan yang di milikinya. Salah satunya adalah disiplin ilmu untuk mengenal dan mengetahui manusia yang kita kenal dengan ilmu Psikologi.

Lalu bagaimana Al Qur’an “menjawab tantangan ” tentang betapa sulitnya manusia mencari dan menemukan hakikat dirinya?…

Al Qur’an adalah petunjuk sekaligus pedoman hidup manusia. Bahkan tak jarang kita mengatakan bahwa Al Qur’an adalah sumber segala sumber Ilmu. Tentunya ilmu tentang manusia, baik dari sifat dasar setiap individu dan permasalahan yang ada, dapat diterangkan oleh Al Qur’an . Ringkasnya, ilmu psikologi manusia bisa di jelaskan melalui Al Qur’an.

Ternyata setelah melalui pengkajian yang dalam selama bertahun-tahun , (Alm) H. Lukman AQ Soemabrata, melihat sebuah kolerasi yang luar biasa antara surah-surah atau variable yang ada pada Al Qur’an berkaitan dengan karakter dasar manusia, atau dengan kata lain, beliau menemukan hikmah penyusunan Al Qur’an yang di bagi menjadi 30 JUZ. Bahwa setiap JUZ tersebut menjelaskan karakter setiap individu manusia.

Siapa sangka ternyata salah satu rahasia di balik surah, tanda ain, halaman Al Qur’an, halaman per JUZ dan variabel Al Qur’an lainnya dapat menjelaskan tentang karakter dasar manusia. Variabel-variabel itu sangat di perlukan dalam proses mengurai dan mengenali diri, semua itu tercakup dalam JUZ.

Demikian sekilah informasi tentang  Ciri-Ciri Karakter Diri Di Balik Juz Al Qur'an, semoga bermanfaat bagi sobat semua dan semoga bisa mengambil pelajaran. Terima kasih sudah berkunjung disini, dan ikuti update terbaru tentang belajar Numerik Al-Qur'an.

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts