Format Al-Qur'an Standar FSQ

Saudara saudari yang dirahmati Alloh SWT. Kali ini Fsq Daqa Seroja akan berbagi sedikit tentang Format Al-Qur'an Standar FSQ, yang dimana membahas tentang ulasan format dan susuna Al-Qur'an Standar FSQ. 




Disadari atau tidak, Al-Qur'an adalah sebuah kitab yang berisi susunan huruf, lambang sekaligus simbol. Dengan kata lain, Al-Qur'an tidak hanya semata mata bahasa bunyi atau verbal. Karena membuat lambang dan simbol tentunya harus ada metode alat untuk memahami simbol tersebut. Model pendekatan struktur Al-Qur'an ini berdasarkan atas pengamatan terhadap fenomena susunan Al-Qur'an dengan sistematika yang sudah kita kenal dengan tipe format cetak mushaf. Hasil pengamatan ini kemudian disusun berdasarkan isyarat-isyarat Al-Qur'an yang relevan untuk dikenali hubungan strukturnya serta dianalisis maksud pesannya secara kontekstual. 

Bertolak dari keyakinan bahwa Al-Qur'an adalah petunjuk yang memiliki sifat terang yang menerangi dan menerangkan, maka proses penggalian pesan keilmuan yang terkandung dalam Al-Qur'an sebenarnya terpulang kepada kita masing-masing sejauh mana kita mau membuka hati dan fikiran terhadap terangnya cahaya ilahi.

Bentuk susunan Al-Qur'an sangat unk dan mengesankan. Sistem Al-Qur'an menunjukan adanya sebuah titik yang seolah berada diluar sistem. Indikator tentang adanya titik kontrol bisa kita lihat pada kekhasan penempatan "satu ayat tertinggal" diakhir juz 13. Ayat tersebut adalah Qs. 15 Al-Hijr ayat 1. Seringkali kita mengingatkan bahwa format penyusunan mushaf Al-Qur'an mempunyai peranan penting dalam metode struktur Al-Qur'an. Sederhananya seperti cara komputer, bukankah selalu ada perintah untuk memformat terlebih dahulu harddisk yang baru akan digunakan?

Maka perlu ditemukan terlebih dahulu Al-Qur'an yang dimaksud, dengan ciri-ciri sebagai berikut :
  1. Jumlah seluruh halaman penulisan ayat adalah 484 halaman, dimulai dengan nomor halaman 2 sampai halaman 485. Halama 1 adalah halaman judul Al-Qur'an.
  2. Setiap Juz terdiri dari 16 halaman, kecuali Juz 1 dan Juz 30 terdiri atas 14 halaman dan 21 halaman.
  3. Setiap halaman terdiri dari 18 baris, kecuali halaman 2,3 dan 485. Halaman 2 dan 3 terdiri dari masing-masing 6 baris, sedangkan halaman 485 terdiri dari 15 baris ditambah "ruang kosong" setara dengan 3 baris.
  4. Halaman 2 dan 3 tercetak secara khas berbeda dengan halaman-halaman lainnya, memiliki ornamen atau hiasan.
  5. Setiap ayat ditulis selesai pada satu halaman, kecuali ayat 4 dari surat 111 Al-Lahab. Ayat tersebut ditulis berawal dari halaman 484 dan berakhir pada halaman 485 (satu ayat terputus kehalaman lain).
  6. Awal Juz ditandai dengan huruf-huruf yang dicetak tebal.
  7. Enam buah surat pada juz 30 ditempatkan secara khas dalam posisi sejajar baris dan berada pada halaman 482 dan 483.
  8. Muqadimah surat menempati 2 baris, kecuali 3 buah surat yang meqadimahnya menempati 1 baris.
    Ketiga surat tersebut adalah :
    - QS. At-Taubah (9)
    - QS. Al-Hijr (15)
    - QS. An Naml (27)
  9. Tanda Ruku' berupa huruf ('Ain) yang terdapat pada setiap tepi halaman Al-Qur'an tercantum ditempat tanda ruku' berakhir.
Ciri-Ciri tersebut diatas menjadi tanda bantu yang sangat berguna dalam proses belajar untuk memahami, mendalami dan menggali pesan keilmuan didalam Al-Qur'an. 

Demikian sedikit pengantar dari kami, mudah-mudahan bermanfaat dan semoga menambah kecintaan kita pada Al-Qur'an untuk dibaca, dipahami, dan diamalkan. Jangan lupa baca artikel kami yang lain untuk memperluas wawasan tentang Struktur Al-Qur'an. Hormat kami yang setinggi-tingginya serta ucapan terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada Alm. Bapak Luqman AQ Soemabrata atas dedikasinya dalam menemukan kajian Format dan Struktur Al-Qur'an. Terima kasih sudah berkunjung.