Tradisi Membaca Juz Amma' Pada Anak-Anak

Fsq Daqa Seroja - Pada kesempatan kali ini saya membagikan ulasan artikel mengenai Tradisi Membaca Juz Amma' Pada Anak-Anak, Pernahkan anda ingat saat anda kecil, kita mengaji Al-Qur'an dimulai dari Juz Amma'? Yaitu membaca surat terbesar hingga  ke nomor surat 78, (mulai dari surat ke 114 An Nass, 113 Al Falaq, 112 Al Ikhlas, hingga sampai surat ke 78 An Nabaa) tetapi tidak lupa selalu dimulai dengan surat ke 1 yaitu Al-Fatihah, mengapa membacanya tidak mulai nomor surat terkecil hingga ke nomor surat terbesar, mengapa demikian? Yuk simak penjelasan dibawah :

Tradisi Membaca Juz Amma' Pada Anak-Anak


Kita lihat jumlah surat ke 1 yakni Al-Fatihah : Jumlah 7 Ayat
Kita lihat jumlah Juz Amma' yaitu : berjumlah 564 Ayat
Jadi kita jumlahkan jumlah ayat tersebut adalah 571 Ayat

Subhanallah, kita temukan angka 571 dalam penjumlahan ayat diatas, Dari postingan saya sebelumnya yang menyebutkan tentang angka tersebut. Nilai 571 itu menunjukan surat Ar-Rahman (Allah SWT), tahun kelahiran Nabi Muhammad SAW, dan Al-Qur'an. 

Hal ini menyiratkan bahwa mengaji pada waktu kecil adalah untuk pertama kali yaitu mengenal Ar Rahman (Maha Penyayang) yaitu Allah SWT, kemudian memperkenalkan figur Rasululloh Muhammad SAW sebagai suri tauladan, kemudian mengajarkan kecintaan kepada Al-Qur'an untuk senantiasa membaca, belajar mengaji, mengkaji, dan memahami, kemudian mengamalkan. Kita bisa melihat firman Allah dibawah ini.

"Ya Tuhan Kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha suci Engkau, maka peliharalah Kami dari siksa neraka". (QS. 3 : 191)

".... dan kami turunkan kepadamu Al kitab (Al-Qur'an) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri." (QS.16 : 89)

"Untuk menjadi petunjuk dan peringatan bagi orang-orang yang berfikir". (QS.40 : 54)


Demikian pembahasan dari kami tentang Tradisi Membaca Juz Amma' Pada Anak-Anak, semoga dapat diambil positif dan hikmahnya, jangan lupa baca artikel kami yang lainnya. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.