Grafik Hati Manusia dari 30 Juz di Al-Quran

Assalamu'alaikum Warahmatullohi Wabarakatuh ...
Semoga kita selalu dalam lindungan Alloh SWT, dan mendapat rahmat dan hidayah-Nya. Amiin.
Dalam Postingan kali ini saya berbagi tentang materi Grafik Hati dari 30 Juz dalam Al-Qur'an, Langsung saja kita simak bersama-sama. 

Masalah “hati” sepertinya tak akan kunjung habis pembahasannya. Beberapa sisi pandangpun telah dikemukakan dengan berbagai asumsi dan dalilnya. Hal ini menunjukkan betapa masalah “hati” menduduki prioritas yang teramat penting untuk dipahami, mengingat hal inilah yang merupakan salah satu motorik kehidupan manusia, mau menuju pada kebaikan kah atau sebaliknya.


Di dalam Al Qur'an pun penekanan tentang hati berulang kali ditegaskan, baik dalam konteks kehidupan dunia maupun akhirat. Hal ini semakin meyakinkan kita, memang benarlah adanya bahwa masalah “hati” adalah hal yang vital dalam kiprah dan sepak terjang manusia sebagai KhalifahNya di muka bumi ini.

Khusus dalam konteks memperhatikan Al Quran, ada sebuah ayat yang menegaskan tentang hubungan hati dengan kepahaman manusia akan Al Quran, yakni :

“Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al-Quran ataukah hati mereka terkunci.“ (Muhammad: 24).

Di ayat lain, Allah pun menegaskan bahwa hati manusia terkait pula dengan perolehan dan pencapaian akan petunjukNya : 

Katakanlah (Muhammad), “Barangsiapa menjadi musuh Jibril, maka (ketahuilah) bahwa dialah yang telah menurunkan (Al Quran) ke dalam hatimu dengan izin Allah, membenarkan apa (kitab-kitab) yang terdahulu, dan menjadi petunjuk serta berita gembira bagi orang-orang beriman.” (Qs.2-Al Baqarah 97)

“Maka apakah mereka tidak berjalan di muka bumi, lalu mereka mempunyai hati yang dengan itu mereka dapat memahami atau mempunyai telinga yang dengan itu mereka dapat mendengar? Karena sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi yang buta, ialah hati yang di dalam dada.” (Al-Hajj: 46).

Maka pernahkah kamu melihat orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai tuhannya dan Allah Membiarkannya sesat dengan sepengetahuan-Nya, dan Allah telah Mengunci pendengaran dan hatinya serta Meletakkan tutup atas penglihatannya? Maka siapakah yang mampu memberinya petunjuk setelah Allah? Mengapa kamu tidak mengambil pelajaran? (45-Al Jaatsiyah 23)

 Adapun dalam hubungannya dengan azab Allah, ternyata juga dikaitkan dengan hati :

Allah telah mengunci hati dan pendengaran mereka, penglihatan mereka telah tertutup, dan mereka akan mendapat azab yang berat. (Qs. 2-Al Baqarah 7)

Dalam hati mereka ada penyakit, lalu Allah Menambah penyakitnya itu; dan mereka mendapat azab yang pedih, karena mereka berdusta. (Qs. 2-Al Baqarah 10)

Pertama : Mari kita berangkat pembahasan ini dari awal penjelasan turunnya Al Quran di bulan Ramadhan (Qs. 2-Al Baqarah 185). Mungkin, kisah tentang turunnya Al Quran pada bulan Ramadhan sudah diketahui secara meluas, baik bagi ummat Islam maupun tidak. Artinya, secara kaidah sejarah, hal ini sudah menjadi pengetahuan umum yang secara sederhana dapat dihafal dan diingat. Namun, apakah kiranya Allah yang sudah “memilih” bulan Ramadhan (diantara 11 bulan lainnya) sebagai bulan yang tepat untuk diturunkannya (awal) Al Quran, tidak memiliki maksud dan pesan “khusus” tersendiri ? Untuk pemahaman yang lebih mendalam, ada perlunya kita perhatikan ada apa di balik terpilihnya bulan Ramadhan sebagai waktu yang tepat. Dalam kedudukan nomor urutnya, bulan Ramadhan, adalah bulan ke 9. Sedangkan, surat ke 9 di Al Quran adalah surat At Taubah (Taubat / Pembersihan diri). Sudah mulai terlihat di sini, dalam arti waktu kekinian, ternyata Al Quran, insya Allah, akan “diturunkan” kepahamannya, melalui sebuah niatan awal bagi pembacanya yang benar-benar berniat untuk membersihkan diri, bertaubat kepadaNya, sebagaimana Firman Allah :
Katakanlah (Muhammad), “Barangsiapa menjadi musuh Jibril, maka (ketahuilah) bahwa dialah yang telah menurunkan (Al Quran) ke dalam hatimu dengan izin Allah, membenarkan apa (kitab-kitab) yang terdahulu, dan menjadi petunjuk serta berita gembira bagi orang-orang beriman.” (Qs.2-Al Baqarah 97).

Selain itu, apabila di deret hitungkan nilai 9 : 1+2+3+4+5+6+7+9 adalah 45. Dan Qs. Ke 45 adalah Al Jaatsiyah, berserah diri/bertekuk lutut. Sebuah kelumrahan bagi seorang insan yang bertaubat, tentunya akan bertekuk lutut, bersimpuh menyerahkan segala urusannya kepada Allah, sebagai wujud taubat atas segala dosa dan kesalahannya selama ini. Terkait dengan nilai 45, ternyata memiliki kesamaan nilai numerik dengan kata Juz : ﺟﺰﺀ , Jim = 5, Zai = 11 dan Hamzah 29, sehingga total seluruhnya, 5 + 11 + 29 = 45. Bukankah pada bulan Ramadhan (selain puasa), dikaitkan pula dengan bertadarus Al Quran ? Dengan asumsi kesetaraan nilai 30 juz di Al Quran dan jumlah hari (bulan Ramadhan), jelas sekali sebuah konektifitas antara konsep Juz dan bulan Ramadhan. Artinya, di dalam ritual bertadarus Al Quran dengan konsep juz, berhubungan erat dengan nilai-nilai pembersihan diri dan taubat.

Kedua : Sebuah niat untuk membersihkan diri dan bertaubat, tentu berangkat dari kesadaran hati yang mendalam. Sehubungan dengan inilah, maka nilai 9, dalam konteks anatomi manusia adalah titik anatomi : Hati / Hati Nurani. (khusus tentang pemetaan titik-titik anatomi manusia akan dijelaskan dalam materi tersendiri, dalam materi parameter Struktur ‘Ain).

Ketiga : Dengan uraian di atas, Insya Allah bertambahlah kepamahan kita, bahwa prosesi pembacaan Al Quran, ternyata berkaitan dengan sebuah kesucian niat untuk membersihkan diri dan bertaubat. Dengan begitu, Insya Allah, Dia akan ridha menurunkan hidayah kepahaman, memperbaiki pola fikir dan hati nurani kita, dalam rangka meraih hidayah pencerahan intelektualitas yang dilandasi dengan spiritual qurani yang kokoh. Demi menjadi insan yang selalu dekat denganNya.

Keempat : Bila diperhatikan Pintu Ka’bah, bentuk grendel pembuka pintunya berbentuk 2 buah gambar hati. Selain itu simbol tersebut juga berbentuk tulisan dua buah angka lima (5 dan 5) dalam tulisan Arab. Bila dikaitkan sebuah simbol pintu dengan gambar hati dan angka 55, akan diperoleh sebuah pesan penting tentang Rahman Allah atas Ilmu Al Quran, yaitu dalam rangka meraih Ar Rahman ((Maha Pengasih)-Surat ke 55 adalah Ar Rahman), perlu di awali dari pintu kesadaran yang bertolak dari kesucian niat di hati. Sehingga misteri ilmu Al Quran (karena Ka’bah adalah merupakan simbol dari Al Quran), Insya Allah, akan diperkenankan turun kepahamannya kepada hamba-hambaNya yang istiqamah membaca dan mempelajari dengan kesucian hatinya.  

GAMBAR PINTU KA'BAH 


Kelima : Dalam konteks nilai 9 (hati nurani) dan 45 (nilai numerik juz), di bawah ini akan disampaikan lebih jauh tentang penjabaran nomor-nomor surat dan ayat yang terkandung pada masing-masing juz (30 juz), dimana dengan nilai-nilai yang terkandung dari nomor surat dan ayatnya, dapat menjadi rujukan dalam pembentukan 30 macam bentuk Grafik Hati.

Namun sebelumnya, perlu dibahas terlebih dahulu ayat yang mendukung terbentuknya sistem grafik ini yaitu :

Ayat Pertama :

“Pada hari ketika kamu melihat orang mukmin laki­-laki dan perempuan, sedang cahaya mereka bersinar di hadapan dan di sebelah kanan mereka,: “Pada hari ini ada berita gembira untukmu, surga yang mengalir di bawahnya sungai­sungai yang kamu kekal di dalamnya. Itulah keberuntungan yang banyak” (Qs. 57-Al Hadiid 12).

Penjelasan :

Kata laki¬laki sebagaimana bunyi ayat di atas bila dilihat dari kacamata biologi, dapat disimbolkan dengan notasi ”x”, dan perempuan disimbolkan dengan notasi ”y”. Selanjutnya bila kedua notasi tersebut dikonversikan ke dalam grafik matematika maka notasi x (laki¬laki) adalah sebagai sumbu x dan notasi y (perempuan) sebagai sumbu Y. Sedangkan kata “cahaya mereka bersinar” dapat dimaknai sebagai titik koordinat dari kedua sumbu tersebut.

Adapun untuk mendapatkan nilai dari dua sumbu (X dan Y) tersebut akan diperoleh dari unsur-unsur numerik yang terdapat di Al Qur’an, seperti nomor surat, nomor ayat, nomor ‘ain, dll.

Unsur¬unsur tersebut bila dikelompokkan, atas dasar kategori tertentu yaitu Juz, Surat, ‘Ain atau pengelompokan data numerik Al Qur’an lainnya, maka pada akhirnya akan membentuk visualisasi grafik yang memperjelas arti dan maksud serta tujuan dari data / pengelompokan tersebut.
Ayat Kedua :

“Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda Kami di segenap ufuk dan pada diri mereka sendiri, sehingga jelaslah bagi mereka bahwa Al Qur’an itu adalah benar. Dan apakah Tuhanmu tidak cukup bahwa sesungguhnya Dia menyaksikan segala sesuatu?” (Qs. 41-Hamin As Sajdah 53).
Penjelasan :

Ayat pada QS 41;53 menjelaskan bahwa keberadaan ayat¬ayat Allah mencakup tiga hal yaitu : Alam (ufuk), Diri sendiri (manusia) dan Al Qur’an

Dalam metode pembetukan grafik, pada akhirnya akan membentuk sebuah visualisasi ayat-ayat alam (kauniyah). Dengan begitu, insya Allah dengan visualisasi tersebut, akan lebih memudahkan kita dalam memahami pesan-pesan tersembunyi di Al Qur’an. Artinya, dengan memperhatikan nilai-nilai numerik pada ayat¬ayat kauliah (Al Qur’an) kemudian dikoneksikan dengan ayat¬ayat Allah di alam dan di diri manusia (ayat kauniah), melalui visualisi grafiknya, akan semakin membuktikan tentang hubungan yang erat dan interaktif antara Alam, Manusia dan Al Quran dan semakin jelaslah bahwa Al Qur’an itu adalah benar.

Ada sebuah rumus bantuan untuk dijadikan sebuah rujukan, yaitu dari ayat : Qs. 93-Adhuha 4, “dan sungguh, yang kemudian (akhir) itu lebih baik bagimu daripada yang permulaan”. Dari ayat ini, bila dihubungkan dengan metode ilmiah matematika, ternyata berhubungan dengan sebuah metode pengurutan, dari urutan akhir ke urutan awal (Descending) dan sebaliknya urutan awal ke urutan akhir Ascending. Dengan acuan rumus inilah, kemudian kelompok data numerik pada setiap juz diurutkan dengan dua metode (Ascending dan Descending) atau sebuah sistem pencerminan. Setelah itu, dengan bantuan software Ms-Excel, nilai-nilai numerik yang diperoleh, dikonversikan kedalam bentuk grafik Radar, yang pada akhirnya akan menjadi sebuah bentukan Gambar Hati.


Keenam : Perlu kiranya dalam hal ini, ditambahkan pula beberapa hadist yang berhubungan dengan betapa pentingnya masalah “hati” :

“Ketahuilah bahwa di dalam tubuh terdapat segumpal darah, apabila ia baik maka seluruh tubuh akan baik, dan apabila rusak maka seluruh tubuh akan rusak. Ketahuilah ia adalah hati/qolbu.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Sungguh, hati anak Adam itu sangat (mudah) berbolak-balik dari-pada bejana apabila ia telah penuh dalam keadaan mendidih.” (HR. Ahmad).

“Sesungguhnya Allah tidak akan melihat kepada rupa kalian dan harta kalian, akan tetapi Allah hanya melihat kepada Qolbu/hati dan amal kalian.” (HR. Muslim)

“Wahai hamba-hamba-KU, seandainya seluruh makhluk diantara kalian dari awal sampai akhir, memiliki sebaik – baik qolbu/hati manusia (qolbu/hatinya Nabi SAW), maka hal itu tidak menambah kekuasaan-KU sedikitpun. Wahai hamba-hamba-KU, seandainya seluruh makhluk diantara kalian dari awal sampai akhir, memiliki seburuk – buruk qolbu/hati (qolbu/hatinya Iblis), maka hal itu tidak mengurangi kekuasaan-KU sedikitpun.” Hadits qudsi, dari Abu Dzar Al Ghifari RA :

“Tidak akan istiqomah iman seorang hamba, sebelum istiqomah qolbu/hatinya.” (HR. Ahmad)

“Tidaklah dinamakan qolbu/hati karena ia (selalu) ‘Taqollub’ (berbolak – balik/ berubah – ubah). Perumpamaan hati itu bagaikan bulu yang ada di pucuk pohon yang diombang-ambingkan oleh angin.” (HR. Ahmad)

“Fitnah tersodorkan ke dalam qolbu seperti ternodanya tikar sehelai demi sehelai. Qolbu mana saja yang menyerap fitnah itu, maka qolbu itu akan ternoda dengan noda hitam, tapi Qolbu mana saja yang mengingkari fitnah itu, maka qolbu itu akan tetap dalam keadaan putih sampai qolbu itu akan kembali ke 2 macam hati.”

Ali radhiallahu ‘anhu berwasiat kepada muridnya, Kumail bin Ziyad,

 “Wahai Kumail bin Ziyad. Hati manusia itu bagaikan bejana (wadah). Oleh karena itu, hati yang terbaik adalah hati yang paling banyak memuat ilmu. Camkanlah baik-baik apa yang akan kusampaikan kepadamu. Manusia itu terdiri dari 3 kategori, seorang yang berilmu dan mengajarkan ilmunya. Seorang yang terus mau belajar, dan orang inilah yang berada di atas jalan keselamatan. Orang yang tidak berguna, dialah seorang yang mengikuti setiap orang yang bersuara. Oleh karenanya, dia adalah seorang yang tidak punya pendirian karena senantiasa mengikuti kemana arah angin bertiup. Kehidupannya tidak dinaungi oleh cahaya ilmu dan tidak berada pada posisi yang kuat.” (Hilyah al-Auliya 1/70-80).

Sekian Sekilas informasi tentang  Grafik Hati Manusia dari 30 Juz di Al-Quran, semoga dapat bermanfaat dan diambil pelajarannya. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya, dan ikuti terus updatetan terbaru dari kami tentang Format dan Struktur Al-Qur'an.